Game Komputer dan sejarahnya (Bagian 1), isaku-ikisu

Game Komputer dan sejarahnya (Bagian 1), isaku-ikisu - Hallo sobat blogger yang berbahagia Misteri yang ada di dunia, Posting yang saya unggah pada kali ini berisi tentang misteri, dengan judul Game Komputer dan sejarahnya (Bagian 1), isaku-ikisu , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sejarah Dunia, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Game Komputer dan sejarahnya (Bagian 1), isaku-ikisu
link : Game Komputer dan sejarahnya (Bagian 1), isaku-ikisu

Baca juga


Game Komputer dan sejarahnya (Bagian 1), isaku-ikisu

Sejarah penemuan video game di mulai pada tahun 1950 an dimana sekelompok akademisi menciptakan permainan sederhana dan sistim simulasi sebagai bagian riset computer mereka, namun saat itu game computer bukanlah hal yang popular seperti sekarang, sampai kemudian antaratahun 1970 dan1980 an dimana saat itu video games arcade atau di Indonesia sering disebut ding dong, perangkat game and game computer rumahan dperkenalkan, sejak saat itu video game menjadi symbol bagian dunia modern sampai hari ini.
Nimatron
Video game pertama kali di temukan dan dibuat oleh Edward condon tahun 1940 untuk di tampilkan pada sebuah pameran dunia, dan game tersebut di beri nama �Nim� dan kemudian disebut nimatron, ribuan orang pun tertarik memainkan game sederhana ini, seiring berkembangnya komputer berbagai riset pun kembali dilakukan dan kemudian game selanjutnya di beri kecerdasan buatan. 

Adopsi teknologi komputer pada awalnya terbatas hanya pada organisasi besar, ini dikarenakan biaya yang mahal, kebutuhan ruang yang luas, konsumsi daya yang sangat besar, dan kebutuhan untuk mempekerjakan staf yang sangat terlatih untuk menjaga dan mengoperasikan mesin. Hal ini membuat penggunaan komputer dianggap sebagai bagian dari ilmu pengetahuan atau bisnis usaha yang serius. Penciptaan game pada awalnya terbatas pada pengujian atau mendemonstrasikan teori yang berkaitan dengan bidang-bidang seperti interaksi manusia-komputer, sistim pembelajaran, dan strategi militer.

Karena hal-hal tersbut diatas dan kurangnya kepedulian terhadap pelestarian data pada saat itu, sulit untuk menentukan video game pertama yang pernah dibuat. Beberapa game yang saat itu dikenal adalah game bertie the brain (1950), Nimrod (1951), game matematika Nim OXO oleh A.S. Douglas (1952) yang ia program sebagai bagian dari tesis untuk gelar masternya, lalu ada Hutspiel (1955) sebuah game perang yang dibangun oleh militer Amerika Serikat untuk mensimulasikan konflik dengan Uni Soviet, dan Program Catur NSS dikembangkan di Carnegie Mellon University (1958), program catur pertama cukup canggih untuk mengalahkan lawan manusia. 

Game Tennis for two
Salah satu program yang menonjol dalam periode awal ini adalah Tennis for Two (1958), yang dibuat oleh fisikawan William Higinbotham untuk menghibur para tamu di hari pengunjung tahunan yang diselenggarakan oleh Brookhaven National Laboratory. Program ini menampilkan lapangan tenis di samping pada osiloskop dan memungkinkan dua pemain untuk saling memukul bola menggunakan kontroler berbentuk kotak dilengkapi dengan tombol untuk lintasan dan tombol untuk memukul bola. Ditampilkan selama dua musim di Brookhaven, Tennis for Two terbukti populer dengan publik, tapi tidak dikomersilkan. Seperti pencipta permainan lainnya pada tahun 1950, fokus tetap pada penelitian daripada hiburan. Pada akhirnya, adopsi komputer untuk bermain game harus menunggu para akademisi dari kampus-kampus AS. 

Game Spacewar
Pada tahun 1960, Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah salah satu pusat utama penelitian komputer di dunia, tempat untuk Laboratorium Lincoln dan Laboratorium Artificial Intelligence, Steve Russell seornag akademisi disana dan teman-temannya Martin Graetz dan Wayne Wiitanen sangat tertarik dengan TX-0 sebuah komputer transistorized custom-built yang sangat interaktif saat itu, pada tahun 1961 TX-0 bergabung dengan PDP-1 dari Digital Equipment Corporation, sebuah perusahaan komputer yang didirikan oleh mantan insinyur Lincoln Laboratory. Dilengkapi dengan layar vektor berkualitas tinggi, PDP-1 meberikan kelebihan visual dari TX-0. Russell dan teman-teman, yang penggemar besar dari novel fiksi ilmiah EE Smith, memutuskan untuk memanfaatkan perangkat keras yangbaru ini dengan menciptakan sebuah permainan di mana dua pesawat ruang angkasa berusaha untuk saling menghancurkan dengan menembakkan torpedo. Dijuluki Spacewar! (1962), diprogram terutama oleh Russell, menjadi salah satu game komputer pertama yang mencapai distribusi nasional ketika game ini disertakan pada setiap unit PDP-1 yang dijual. 

Tampilan Menu spacewar
Pada akhir tahun 1960-an, Spacewar! bisa ditemukan di laboratorium komputer universitas di seluruh Amerika Serikat dan menjadi inspirasi bagi siswa untuk membuat variasi mereka sendiri. Kreasi ini sempat terkubur di laboratorium untuk beberapa tahun, walaupun mereka berniat untuk menjualnya ke public persoalannya malah terbentur pada harga hardware yang mahal unutk menjalankan game ini, impian video game komersial akhirnya tercapai pada awal tahun 1970-an, dimana saat itu harga perangkat computer sudah jauh lebih murah,Pada saat yag sama muncul pula game coin, yang pada saat itu mengalami kebangkitan, permainan mengemudi dan menembak sasaran milik Sega Enterprises bernama Periscope (1967) dan Speedway milik Chicago Coin (1968) mulai menggunakan tampilan visual yang rumit dan efek suara elektronik pada dunia game arcade. 
sega periscope


Computer space
Nolan Bushnell seorang mahasiswa teknik elektro di University of Utah di pertengahan 1960-an paham bahwa keunikan dunia game koin dan komputer bisa disatukan untuk memperkenalkan video game untuk masyarakat umum.Setelah lulus, Bushnell bekerja di Ampex di Silicon Valley, di mana ia menemukan game Spacewar!. Bushnell segera mencari jalan untuk mengkomersilkan permainan ini dan memiliki ide untuk membuat versi game koinnya untuk dapat di operasikan di computer kecil. Bersama Ted Dabney, Bushnell membangun Syzygy Engineering untuk mengembangkan permainan ini. Menghindari komputer mini yang terbukti mahal, Bushnell digunakan konsep baru yaitu mengunakan televisi melalui sirkuit transistor-transistor logika, yang Terobosan brilian ini diterapkan pada game computer rumahan hingga sekarang, game modifikasi dabney disebut Computer Space, di mana pemain mengontrol pesawat ruang angkasa dan mencoba untuk menghancurkan dua piring terbang.


Bersambung

sumber Wikipedia


Demikianlah Artikel Game Komputer dan sejarahnya (Bagian 1), isaku-ikisu

Sekianlah artikel Game Komputer dan sejarahnya (Bagian 1), isaku-ikisu kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Game Komputer dan sejarahnya (Bagian 1), isaku-ikisu dengan alamat link http://isaku-ikisu.blogspot.com/2015/10/game-komputer-dan-sejarahnya-bagian-1.html

0 Response to "Game Komputer dan sejarahnya (Bagian 1), isaku-ikisu "

Post a Comment